Selamat Datang & Terimkasih anda telah berkunjung ke website / blog tempat berbagi ilmu tentang keselamatan dan kesehatan kerja khususnya di bidang MIGAS

Kamis, 02 Februari 2012

Mengapa tidak boleh mengaktifkan HP (telepon genggam) di Statiun Gas / Pengumpul Minyak / Pom Bensin

pic from google
Mungkin dalam hati kita sering bertanya " Kenapa yach kok enggak boleh nelepon / mengaktifkan hp di statiun minyak, statiun gas atau di pom bensin", karena setiap kali kita akan berkunjung ke areal tersebut selalu ada tulisan yang menyatakan dilarang mengaktifkan hp, atau terkadang ada juga diareal statiun pengumpul minyak / gas kita tidak boleh membawa HP keareal statiun tersebut, melalui tulisan di blog ini saya akan mencoba menjelaskan mengapa kita dilarang keras megaktifkan HP diareal tersebut.

Handphone (HP) selain mengeluarkan radiasi, juga mengeluarkan bunga api (meskipun kecil sekali, cuman seukuran 1 mikron. 1 mikron = 1/100 mm). Percikan api ini timbul di sekitaran antena koil, akibat beda potensial tegangan yg cukup tinggi.

Lampu LED (Light Emitting Diode) pada HP juga mengeluarkan cahaya. LED yg dipakai pada HP berbeda dg LED yang dijual di pasaran elektronika. LED pada HP ternyata ‘telanjang’ (langsung terlihat filamen diodanya kontak dengan udara bebas) beda dg LED toko yg diberi selubung tabung dari plastik sehingga filamennya terlindung.

Pada saat led menyala, maka akan timbul pijar. Nah pijar dan percikan api dari koil tadi yg kadang-kadang bikin orang jadi berpikir paranoid meledak.

Tentunya kita mesti tau api itu terbuat karena ada apa, mari kita ingat kembali api terjadi karena tiga unsur atau   sering disebut untuk ketiga unsur tersebut adalah segitiga api, dari ketiga unsur segitiga api, satu unsur sudah terpenuhi dari HP yaitu sumber nyala, sedangkan kedua unsurnya lagi adalah bahan bakar dan juga oqsigen (udara).

Percikan api dan LED tersebut sebenarnya tidak cukup untuk menyulut uap bensin (benzena C4H8O12) di udara terbuka. tapi Lain cerita jika udara yang ada sudah cukup jenuh sekali dengan uap bensin tersebut, maka akan terjadilah ledakan (kebakaran). sama juga dengan perlakuan bahan bakar lainya

Jadi sudah tau kan kenapa kita tidak boleh mengaktifkan HP diareal pom bensin, statiun gas dan statiun minyak, karena kalau masih diaktifkan takutnya akan terjadi ledakan yang tentunya akan merugikan baik diri sendiri maupun orang lain.

* diolah dari berbagai sumber

8 komentar:

  1. Wah pak tamhar sy baru tau pak, maksaih ya infonya, mudah-mudahan bisa berguna buat kita semua

    Regards,
    kemas.comule.com

    BalasHapus
  2. terimakasih bapak blackwater kemas baharudin, blog anda bagus sekali ya...

    BalasHapus
  3. terimakasih juga Pak. Yogie, silakan dishare ke rekan lainya.

    BalasHapus
  4. sangat bermanfaat mas Tamhar artikelnya, saya lagi ingin tahu dunia k3.
    "sebaik-baik orang, adalah yang paling banyak bermanfaat buat orang lain"

    salam kenal

    BalasHapus
  5. salam juga Pak. Boss, selamat menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain yach..

    BalasHapus
  6. Pak tamhar , tolong dong artikel mengenai tutorial pengunaan over head craine dan analisis bahaya -bahaya nya dalam pengunaan nya please ya.

    BalasHapus