Selamat Datang & Terimkasih anda telah berkunjung ke website / blog tempat berbagi ilmu tentang keselamatan dan kesehatan kerja khususnya di bidang MIGAS

Senin, 14 November 2011

Reward & Punishment

Banyak cara dalam usaha meningkatkan awarness / kepedulian pekerja terhadap HSE diantaranya adalah dengan memberikan reward & punishment.


diantara reward & punishment tersebut untuk mencapai keberhasilkan dalam usaha peningkatan kepedulian pekerja terhadap HSE, yang terlebih dahulu dilakukan adalah reward-nya baru kemudian punishment.


Ada banyak cara reward yang diberikan, diantaranya adalah :

  • Secara prontal memberikan hadiah bagi pengumpul program SHE terbanyak ( Contoh : Nearmiss Report / BBS report (Behavior Based Safety)). Maksudnya secara prontal adalah dengan melakukan metode kompetisi bagi seluruh pekerja untuk mengumpulkan Nearmiss report / BBS.
  • Secara priodik setiap bulan bagi pengumpul terbanyak ( cenderung rewardnya kecil ).
  • Memberikan penghargaan berupa sertifikat bagi pekerja yang berhasil.



Sedangkan punishment dapat dilakukan, diantarnya dengan cara :

  • Memberikan teguran secara langsung.
  • Memberikan surat peringatan ( atau lebih dikenal SP )



Contoh Sertifikat :




Contoh Sayembara reward :



3 komentar:

  1. Setuju sekali, mas tamhar.
    Dan sebaiknya yg diutamakan adalah reward, dan utk metode prontal pun diusahakan seadil mungkin dalam pemilihannya, artinya dapat dipertanggungjawabkan (accountibility).
    Dari KBBI arti "penghargaan": perbuatan (hal dsb) menghargai/ menghormati. Jadi pemberian hadiah tsb hanyalah bersifat sbg tanda, inti dari penghargaan lebih kepada perbuatan yang bisa dalam bentuk mengumumkan nama tsb di depan umum, shg ybs pun merasa dihormati atau adanya pengakuan dari pihak lain.
    Selamat mencari ide-ide utk memberikan penghargaan buat rekan2 kerja kita.

    BalasHapus
  2. Terimakasih Boss, untuk metodenya sudah diusahakan seadil-adilnya, dan untuk show penghargaan dengan pengumuman nama sudah kita terapkan di setiap meeting perbulan, dan bahkan kita punya musium rekor internal diantaranya rekor pengumpul nearmiss terbanyak dan bbs.

    BalasHapus
  3. adil itu hal pentingnya, tapi sulit dalam prakteknya.

    BalasHapus