Selamat Datang & Terimkasih anda telah berkunjung ke website / blog tempat berbagi ilmu tentang keselamatan dan kesehatan kerja khususnya di bidang MIGAS

Selasa, 10 Mei 2011

Program Penanggulangan Kecelakaan Industri

Berikut ini adalah beberapa program penanggulangan kecelakaan industri :

A.  Peraturan dan perundang-undangan


Peraturan dan perundangan yang mengatur tentang K3, dengan mengikuti peraturan tersebut maka ada dasar didalam melakukan pengawasan serta pelaksanaan K3.
B.  Standarisasi
standar adalah bersifat sukarela, peralatan yang sesuai dengan standar maka dapat diyakini bahwa peralatan yang dipakai tersebut aman.
C.  Pengawasan

Pengawasan atau inspeksi terhadap pelaksanaan peraturan atau perundangan yang berlaku
D.  Penelitian
Penelitian yang bersifat teknis meliputi kegiatan penelitian terhadap benda dan karakteristik bahan yang berbahaya, mempelajari tentang alat pengaman mesin, menguji alat pelindung diri, penyelidikan tentang desain yang aman untuk suatu industri. untuk penelitian lainya diantaranya peneliatan tentang kesehatan, statistik dan lingkungan juga perlu dilakukan.
E.  Pendidikan
Pendidikan formal yang berkaitan dengan keselamatan dan kesehatan kerja juga perlu dilakukan diantaranya adalah ; Pencegahan keselamatan dan kesehatan kerja, incident investigation
F.  Pelatihan
Memberikan instruksi atau petunjuk-petunjuk kepada para pekerja mengenai cara kerja yang aman.
G.  Penggairahan
Penggairahan adalah pendekatan emosional yang bertujuan untuk menimbulkan dan membangkitkan semangat untuk melakukan pekerjaan dengan bersih, sehat, aman dan selamat.
H.  Asuransi
Cara yang terakhir adalah asuransi, asuransi ini bertujuan untuk memberikan insentif finansial untuk meningkatkan pencegahan kecelakaan , misal dalam bentuk mengurangi premi bagi perusahaan yang berhasil dalam meningkatkan usaha keselamatan dan kesehatan kerja. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar